DESAIN & PEMODELAN GRAFIK
1.
Pengertian
Desain & Pemodelan Grafik
·
Desain
Desain sendiri merupakan proses untuk
mendapatkan suatu obyek baru. Desain merupakan gambaran atau pola yang akan
memiliki tujuan untuk menghasilkan suatu obyek. Contohnya adalah desain suatu
iklan. Desain tersebut berbentuk pola gambar yang dibuat oleh seorang desainer.
Tahap dimana akan dibentuk suatu obyek. Obyek
yang dibuat akan dibentuk seolah-olah menjadi nyata. Dengan proses desain,
obyek tersebut akan dibuat menjadi 2D maupun 3D. Proses pemodelan ini
memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya.
·
Grafik
Grafik sering juga disebut sebagai
diagram, bagan, mauoun chart. Pada dasarnya grafik berfungsi memberikan
penjelasan kepada para pembaca grafik atau orang yang membutuhkan data. Grafik
itu sendiri bisa memudahkan pembaca untuk mengetahui dan membaca data tanpa
menggunakan kata – kata yang bertele-tele karena grafik menyajikan data dam
bentuk angka dalam sebuah lembar kerja dalam bentuk visualisasi grafik.
Ø ada
beberapa pendapat Grafik menurut para ahli seperti :
1.
KARL E. CASE Grafik adalah penyajian dua dimensi dari suatu kelompok angka atau
data
2.
MURRAY R. SPIEGEL & LARRY J. STEPHENS
Grafik merupakan tampilan gambar dari hubungan di antara variabel – variabel
3.
WAYAN
NUARSA Grafik merupakan penyajian data dalam bentuk gambar atau simbul
4.
SOEDARSO Grafik merupakan bentuk penyajian
visual yang dipakai untuk membandingkan jumlah data pada saat – saat yang
berbeda5
5.
YUDHY WICAKSONO Grafik merupakan salah satu
model penyajian data dalam bentuk visual yang banyak digunakan di berbagai
bidang profesi.
·
Model
Model adalah perwujudan dari rencana,
representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek sistem atau konsep.
Ada beberapa bentuk model:
1.
Model fisik seperti maket, bentuk prototype,
2.
Model citra seperti gambar rancangan, citra
computer,
3.
Rumusan matematis, dll.
Jadi, dapat kita simpulkan Desain
Pemodelan Grafik adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang teknik membuat
sebuah objek, memanipulasi gambar dan membuat sebuah gambar dapat terlihat
seperti hidup (bergerak). Proses ini sepenuhnya dilakukan oleh computer. Kita
kini sudah ketahui semua bahwa grafika computer bukan hanya permodelan 2D saja
yang hanya menggambarkan sebuah penggambaran tampak depan,namun ada pula
permodelan 3D yang lebih terlihat seperti nyata. Itu semua sesuai dengan
perkembangan computer yang sangat pesat.
·
Pemodelan
: Pola/contoh
dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang.
·
Desain
Grafik : Seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang
dan gambar. Bidang ini merupkan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain
grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak dan desain interaksi.
2.
Prinsip dan Unsur Desain Grafik
·
Unsur
– unsurnya :
a. Garis (Line)
Sebuah garis adalah unsur desain yang
menghubungkan satu titik poin dengan titik poin lainnya sehingga bisa berbentuk
gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight).
b. Bentuk
(Shape)
Bentuk adalah sesuatu yang memiliki diameter
tinggi dan lebar.
c. Huruf
(Character)
Sesuatu yang dipresentasikan dalam bentuk
visual yang dapat digunakan untuk membentuk sebuah tulisan sebagai Bahasa
verbal dengan bentuk visual langsung seperti A, B, C dll.
d. Simbol
(Symbol)
Sesuatu yang dipresentasikan dalam bentuk
visual yang mewakili bentuk benda secara sederhana dan dapat dipahami secara
umum sebagai lambang untuk menggambarkan suatu bentuk benda nyata. Misalnya
gambar orang, bintang, bulan matahari dalam bentuk symbol. Bukan dalam bentuk
nyata (dengan detail).
e. Bentuk
Nyata (Form)
Bentuk ini nyata dan mencerminkan kondisi
fisik dari suatu obyek. Seperti gambar manusia secara detail, hewan dan benda
lainnya.
f. Tekstur
(Texture)
Teksture adalah tampilan permukaan dari sutau
benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba.
g. Ruang
(Space)
Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk
dengan bentuk lainnya, ini dapat dijadikan unsur utnuk memberi efek estetika
desain dan dinamika desain grafis.
h. Ukuran
(Size)
Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang
mendefinisikan besar kecilnya suatu objek.
i. Warna
(Color)
Dengan warna orang bisa menampilkan
identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk visual
secara jelas.
·
Prinsipnya
:
a. Kesederhanaan
Banyak pakar desain grafis menyarankan
prinsip ini dalam pekerjaan desain.
b. Keseimbangan
Keseimbangan adalah keadaan atau kesamaan
antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang
secara visual.
c. Kesatuan
Kesatuan adalah kohesi, konsistensi,
ketunggalan atau keutuhan yang merupakan isi pokok dari komposisi.
d. Penekanan
(Aksentuasi)
Dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca,
sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud.
e. Irama
(Repetisi)
Irama merupakan selisih antara dua wujud yang
terletak pada ruang serupa dengan interval waktu antara dua nada music beruntun
yang sama.
·
Macam-Macam
Jenis Desain dan Contohnya
Berikut
macam-macam jenis desain dan contohnya yang bisa Anda ketahui. Sebagian besar
jenis desain ini bisa berhubungan antar satu dengan yang lain meski tak secara
menyeluruh. Anda pun bisa memadukan satu jenis desain dengan yang lain untuk
membuat sesuatu yang bermakna dan memiliki nilai estetika untuk orang lain.
Bagi Anda yang ingin mengetahui macam-macam jenis desain dan contohnya, maka
berikut ini adalah sejumlah ulasannya. Anda bisa memahami secara lebih rinci
untuk mendapat titik beda dari ketiganya.
·
Desain
Gambar atau Visual
Desain
gambar atau yang lebih sering dikenal dengan visual adalah suatu teknik yang
dilakukan desainer untuk membuat dan menyusun gambar sesuai dengan konsep
desain yang diinginkan. Mereka membuat desain ini untuk menyampaikan maksud
kepada seseorang dengan melalui gambar tersebut. Satu dari macam-macam jenis
desain dan contohnya ini pasti bermakna.
Pada
umumnya gambar yang dibuat desainer ini indah dan kadang kali memuat emosi
tertentu, baik itu positif maupun negatif yang disesuaikan dengan makna gambar.
Contohnya seperti lukisan, karikatur dan sebagainya.
·
Desain
Tulisan
Desain
tulisan pada umumnya desain yang dibuat oleh desainer ini ditujukan untuk
menyampaikan pesan atau makna kepada orang lain yang sifatnya bisa berupa
visual maupun digital. Pada umumnya ada banyak kata yang bisa disampaikan oleh
desainernya.
Desain
visual sendiri juga dibagi menjadi beberapa bentuk seperti visual, tulisan tangan
yang beragam, sampai dengan tipografi (Typography). Contoh dari desain tulisan
ini adalah reklame, buku, poster dan nama produk.
·
Simbol
dan Logo
Satu
dari macam-macam jenis desain dan contohnya yang terakhir adalah simbol dan
logo. Simbol dan logo ini bersifat khusus. Fungsi dari keduanya ini digunakan
banyak orang untuk memberi nama kepada suatu produk dengan maksud
mengidentifikasi nama perusahaan dengan simbol dan tipografi kata-kata.
Pada
umumnya desainer yang membuat simbol dan logo ini memiliki pengalaman cukup.
Hal tersebut dikarenakan desain simbol dan logo akan memiliki hak cipta
tersendiri. Contoh dari simbul dan logo ini misalnya logo Google, Adidas, Nike
dan berbagai logo terkenal lainnya.
3.
Perkembangan Desain Grafik dari
Berbagai Media
Pada awalnya media desain grafis hanya
terbatas pada media cetak dwi matra (dua dimensi). Namun, perkembangannya
semakin tidak terbendung, bahkan justru merambah ke dunia multimedia
(diantaranya audio dan video). Desain grafik juga diterpkan dalam media
elektronik yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain
multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran
tentang desain. Desain grafik bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan
yang mencakup pengolahan ruang.
4.
Pengaruh Kebudayaan & Teknologi
dalam Membuat Desain Pemodelan Grafik
Keberadaan desain pemodelan grafik
sangatlah dipengaruhi oleh budaya dan teknologi berkembang di masyarakat. Salah
satunya adalah ide, banyak sekali ide yang dihasilkan untuk desain grafik
berasal dari budaya yang ada dilingkungan sekitar. Tak sedikit pula budaya
Indonesia digunakan sebagai desain grafik. Contohnya adalah kerajinan kain
daerah seperti batik dan tenun, keramik, gerabah dan masih banyak yang lainnya.
Kerajinan tradisional daerah merupkan warisan
turun-temurun dari nenek moyang yang sangat indah untuk djadikan sumber
pemikiran kreatif dalam melakukan pembuatan desain grafik. Dengan berkembangnya
teknologi ini, maka semakin mudah bagi generasi muda saati ini untuk
menciptakan karya desai grafis dengan waktu yang relatif singkat dan banyak
desain yang akan dihasilkan sehingga akan lebih efisien dalam waktu dan
segalanya.
Pengaruh lain dari budaya dan teknologi dalam
desain pemodelan garfis adalah periklanan. Pemilih iklan harus mengetahui peran
yang dimainkan oleh budaya, subbudaya dan kelas social pembeli. Budaya adalah
penyebab paling mendasar dari keinginan perilaku seseorang. Budaya merupakan
kumpulan nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan san perilaku yang dipelajari
oleh seorang anggota masyarakat dari keluarga dan lembaga penting lainnya.
5. Bidang Studi yang berkaitan dengan
Desain Pemodelan Grafik
1. Pendidikan
Grafik computer pada pendidikan digunakan
untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power
point atau software lainnya. Dengan metode ini diharpakan tidak hanya teori
saja tetapi dapat pula melihat bentuk dan simulasinya. Bentuk ini dapat berupa
penggambaran bidang, ruang, grafik, gambar kerangka manusia, susunan tubuh
manusia dan sebagainya.
2. Hiburan
Tidak dipungkiri pada saat ini semua acara
hiburan di televise banyak menggunakan grafik computer. Mulai dari film kartun,
iklan, sampai sinetron sekalipun sudah diselipi oleh rafik computer. Grafik
computer ini berupa efek animasi yang dapat membuat fim semakin menarik.
3. Budaya
Desain pemodelan grafis dalam hal-hal budaya
dapat dilihat pada pahatan bayu-batu candi di Indonesia, tenun dan desain
gambar pada batik.
4. Sosiologi
Sosiologi dalam konteks ini dikonsentrasikan
dengan studi dari pengaruh system manusia dengan computer pada struktur
lingkungannya.
5. Antropologi
Antropologi (Ilmu Manusia) dikonsentrasikan
dengan studi dari interaksi manusia dengan computer, dimana interakisi ini
dipengaruhi oleh teknologi yang ada, contohnya pada kantor. Antropologi dapat
menyediakan pengetahuan yang bernilai ke dalam aktifitas seperti, interaksi tim
dengan system computer. Contohnya tim kerja desain, kelompok penulis dll.
6. Ergonomic
Ergonomi dikonsentrasikan lebih pada aspek
fisik dari pencocokan mesin ke manusia, serta didukung suatu data antropometrik
yang menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya, papan
ketik computer dan layar monitor dengan aspek fisik dari alat-alat antarmuka
antara manusia dan mesin.
6. Manfaat Desain Pemodelan Grafik
dalam Berbagai Bidang
1. Bidang Pendidikan : Tentunya
digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada grafik secara nyata.
2. Bidang Perancangan :
Digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat
misalnya digunakan untuk membuat arsitektur bangunan, desain kendaraan dan
lainnya.
3. Bidang Teknologi :
Desain grafis, seperti disiplin ilmu lainnya. Teknologi mempengaruhi bagaimana
desain yang diproduksi dan juga mempengaruhi perkembangan dalam gaya, seni dan
masyarakat secara keseluruhan.
4. Bidang Hiburan : Seperti yang
sudah dibahas sebelumnya yaitu berguna pada acara televise seperti iklan, film
kartun bahkan sinetron menggunakan desain grafis agar tampilannya tampak lebih
menarik.
Sumber:
http://tipskompunet.blogspot.com/2015/10/pengertian-desain-dan-pemodelan-grafik.html
https://fakhrimahdi67.wordpress.com/2016/10/18/desain-dan-pemodelan-grafik/
Komentar
Posting Komentar