STUDI KASUS E – COMMERCE (Blibli.com)
Blibli
adalah salah satu situs web perdagangan elektronik di Indonesia. Blibli adalah
produk pertama PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum di
bidang digital yang didirikan pada tahun 2010. Blibli bekerja sama dengan
penyedia jasa teknologi, mitra logistik, perbankan serta mitra dagang dengan
standar tertentu untuk menciptakan sistem backend yang bisa memenuhi kebutuhan
pengguna Blibli. Kantor pusat Blibli bermarkas di Jakarta Barat. Hingga saat
ini sistem penjulan Blibli masih secara konvensional yaitu dengan konsumen yang
mendatangi langsung Blibli. Sementara itu untuk sistem pemasaran produk, Blibli
menggunakan katalog dan rekomendasi dari mulut ke mulut. Konsumen bisa
melakukan pemesanan produk yang tercantum di katalog melalui telepon, sms, dan
email. Permasalahan yang terjadi pada saat pemasaran produk adalah jika ada
produk baru atau pun ada perubahan harga barang, pihak Blibli harus membuat
ulang atau mengedit lembar katalog yang sudah ada, sehingga menyebabkan
terjadinya produksi tambahan untuk mencetak ulang katalog. Karena apa bila
dibuat katalog baru yang tidak sesuai dengan katalog yang sudah ada diblibli
akan membingungkan konsumen. Saat ini Blibli memerlukan metode baru sebagai
solusi dalam system penjualan, pemesanan, mempromosikan produk, dan memasarkan
produknya. Salah satu solusinya adalah dengan merancang sebuah aplikasi jual
beli online yang lebih dikenal dengan Blibli.com. Aplikasi ini diharapkan dapat
meningkatkan pemasaran produk, penjualan produk, mempromosikan produk dan dapat
juga menambah pelanggan-pelanggan baru di luar wilayah Jakarta Barat.
Kelebihan dari Blibli
1.
Harganya kompetitif kalau dibandingkan
dengan online mall dan shop di Indonesia, bahkan bisa termurah kalau anda betah
mengecek stoknya. Sering habis soalnya.
2.
Kupon belanja yang mudah didapatkan dengan
berbagai macam nominal, minimal anda bisa mendapatkan 2 buah kupon senilai
total 100 ribu dari mendaftar newsletter Blibli.
3.
Ongkos kirim gratis ke seluruh Indonesia,
dan ini benar – benar nyata saat saya coba mengirim ke Malang dari Jakarta.
Lazada saja masih membayar ongkos kirimnya. Ini ikut andil belanja kita jadi
lebih hemat.
4.
Customer service yang mudah dicari,
setidaknya lewat Livechat kita bisa bertanya langsung mengenai masalah yang
kita alami. Walau anda belum tentu membutuhkannya tapi saat anda mengalami
masalah saya jamin anda bersyukur tim support Blibli selalu ada 24 jam sehari.
5.
Pelayanan customer service Blibli yang
cepat, ramah dan sabar. Saya tidak kecewa sama sekali.
6.
Packing barangnya untuk elektronik
menggunakan kayu, sekecil apapun ukurannya dan ini gratis lagi tidak menambah
biaya ongkos kirim.
Kekurangan Blibli
1.
Sistem konfirmasi pembayaran transfer bank
yang memakan waktu 1 hari sejak mengirimkan uang kalau order di hari kerja dan
2-3 hari kalau anda membelinya di hari sabtu dan minggu. Ini yang saya alami
dan sempat frustasi karena masih pertama kali mengujicoba Blibli. Sedangkan di
tetangga kurang lebih beberapa menit sudah dikonfirmasi.
2.
Tidak ada cara konfirmasi pembayaran
manual, tampaknya harus komplain ke customer care Blibli untuk hal ini.
3.
Kalau di Lazada setiap ada perubahan
status order akan diberitahukan melalui email dan SMS. Sedangkan Blibli hanya
pada saat meletakkan pesanan dan konfirmasinya. Jadi kita harus sering – sering
mengecek kabar terbarunya.
4.
Sistem pengiriman barang yang tampaknya
harus dijemput oleh kurirnya (Pickup), jadi merchant partnernya tidak boleh
mengirimkan sendiri. Ini kelemahannya menjadi lebih lama (saya menunggu 2 hari
baru statusnya berubah sudah diambil kurir) tapi kelebihannya tampaknya ada
standar packingnya. Pembelian hp yang saya sebutkan diatas menggunakan kotak
kayu. Imbang lah, agak lama tapi barang aman.
Tiga Tantangan
yang Dihadapi E-Commerce Shopee
1. Tantangan
pertama adalah dalam menjaga konsistensi dan komunikasi yang lancar di media
sosial, melalui konten unik yang merefleksikan nilai-nilai dan personality perusahaan
serta memastikan jalur komunikasi dua arah dengan pengguna
2. Tantangan kedua adalah menyelesaikan permasalahan yang
muncul dari hasil komunikasi dengan pengguna secara strategis dan cepat. Tim
media sosial Shopee juga bertanggung jawab untuk memonitor percakapan serta
menanggapi pengguna secara cepat
3. Tantangan
ketiga adalah menciptakan konten yang atraktif untuk menarik pengguna
mengunjungi iklan Shopee. Shopee secara konsisten menghadirkan berbagai
festival belanja, serta inisiatif terbaru yang dapat memberikan keuntungan
lebih bagi pengguna seperti diskon hingga 95 persen, flash sale,
dan sebagainya.
Cara Berjualan di
Blibli.com
Perlu
anda ketahui. Bibli.com agak berbeda dibanding Bikalapak dan Tokopedia. Selain
tambahan NPWP, sistem di Blibli juga berbeda. Jika anda berjualan di blibli,
anda akan dikenakan deposit sebanyak Rp500.000,00 dan hanya bisa diambil saat
anda sudah ttidak berjualan di Blibli. Namun ada banyak kelebihannya juga.
Semua transaksi anda bisa dipantau bahkan disediakan pengunduhan file dengan
format excel agar anda bisa menghitung alur transaksi yang ada di toko anda. di
blibli ada dua macam penjual, yaitu Pribadi dan Kelompok/Perusahaan.
1. Untuk UKM dan Wiraswasta bisa pakai akun
yang Personal terlebih dahulu.
2.
Tampilan awal https://www.blibli.com
seperti ini.
3.
Anda bisa klik Jual di blibli.com.
lengkapi data:
4.
Informasi Akun: yang meliputi nama toko, email, nomor telpon untuk ferivikasi kode, pasword, foto KTP, dan foto NPWP klik selanjutnya.
Informasi Akun: yang meliputi nama toko, email, nomor telpon untuk ferivikasi kode, pasword, foto KTP, dan foto NPWP klik selanjutnya.
5.
Informasi Toko: kolom alamat pengiriman
barang. disini ada penjelasan komisi perjanjian anda dengan blibli.
Informasi Administrasi: isikan nomor rekening untuk mencairkan transaksi.
7.
Selamat, anda sudah terdaftar menjadi
seller blibli. Silahkan Login kembali.
atau
anda bisa mengakses di https://merchant.blibli.com/ untuk login lain hari.
Setelah pendaftaran selesai. Blibli akan memeriksa data anda sebagai seller.
selama itu pula anda belum bisa mengunggah produk untuk dijual. Sembari data
anda diperiksa, anda bisa mengunjungi pusat informasi untuk mulai mempelajari
cara berjualan di blibli.
·
Catatan, setelah akun anda diverifikasi
oleh blibli, disarankan untuk degera mengungah produk anda di blibli, karena
kalau sampai anda terlawat enggak mengunggah produk melebihi 30 hari setelah
proses verifikasi, maka akun anda akan experied, dan solusinya harus membuat
akun baru lagi karena sudah tidah bisa digunakan lagi. Dan artinya anda harus
memulai proses pendaftaran mulai dari awal lagi. Dengan nama toko yang berbeda
dan email yang berbeda pula.
Sumber Pustaka :
file:///C:/Users/asus/Downloads/analisis_pendekatan_studi_teknologi_e-business_studi_kasus_blibli%20(1).pdf
http://mynewe-comerce.blogspot.com/2016/03/kelebihan-dan-kekurangan-blibli.html
https://kaosedhewe.com/wp-content/cache/supercache/kaosedhewe.com/mudahnya-berjualan-di-blibli/index-https.html.gz
Saya baru saja mengajukan Pinjaman Mobil dari Tn. Pedro dan perusahaan pendanaan investasinya serta Pinjaman Tanpa Subsidi. Setelah melakukan riset pada beberapa pemberi pinjaman, saya memilih Discover karena mereka tampaknya menawarkan beberapa manfaat terbaik di pasar (pada saat ini) dengan suku bunga 2%. Hubungi Tn. Pedro di pedroloanss@gmail.com melalui whatsapp: +393510140339. untuk mengajukan jenis pinjaman apa pun.
BalasHapus