STUDI KASUS E – COMMERCE (Blibli.com)




Blibli adalah salah satu situs web perdagangan elektronik di Indonesia. Blibli adalah produk pertama PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum di bidang digital yang didirikan pada tahun 2010. Blibli bekerja sama dengan penyedia jasa teknologi, mitra logistik, perbankan serta mitra dagang dengan standar tertentu untuk menciptakan sistem backend yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna Blibli. Kantor pusat Blibli bermarkas di Jakarta Barat. Hingga saat ini sistem penjulan Blibli masih secara konvensional yaitu dengan konsumen yang mendatangi langsung Blibli. Sementara itu untuk sistem pemasaran produk, Blibli menggunakan katalog dan rekomendasi dari mulut ke mulut. Konsumen bisa melakukan pemesanan produk yang tercantum di katalog melalui telepon, sms, dan email. Permasalahan yang terjadi pada saat pemasaran produk adalah jika ada produk baru atau pun ada perubahan harga barang, pihak Blibli harus membuat ulang atau mengedit lembar katalog yang sudah ada, sehingga menyebabkan terjadinya produksi tambahan untuk mencetak ulang katalog. Karena apa bila dibuat katalog baru yang tidak sesuai dengan katalog yang sudah ada diblibli akan membingungkan konsumen. Saat ini Blibli memerlukan metode baru sebagai solusi dalam system penjualan, pemesanan, mempromosikan produk, dan memasarkan produknya. Salah satu solusinya adalah dengan merancang sebuah aplikasi jual beli online yang lebih dikenal dengan Blibli.com. Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemasaran produk, penjualan produk, mempromosikan produk dan dapat juga menambah pelanggan-pelanggan baru di luar wilayah Jakarta Barat.

Kelebihan dari Blibli
1.      Harganya kompetitif kalau dibandingkan dengan online mall dan shop di Indonesia, bahkan bisa termurah kalau anda betah mengecek stoknya. Sering habis soalnya.
2.      Kupon belanja yang mudah didapatkan dengan berbagai macam nominal, minimal anda bisa mendapatkan 2 buah kupon senilai total 100 ribu dari mendaftar newsletter Blibli.
3.      Ongkos kirim gratis ke seluruh Indonesia, dan ini benar – benar nyata saat saya coba mengirim ke Malang dari Jakarta. Lazada saja masih membayar ongkos kirimnya. Ini ikut andil belanja kita jadi lebih hemat.
4.      Customer service yang mudah dicari, setidaknya lewat Livechat kita bisa bertanya langsung mengenai masalah yang kita alami. Walau anda belum tentu membutuhkannya tapi saat anda mengalami masalah saya jamin anda bersyukur tim support Blibli selalu ada 24 jam sehari.
5.      Pelayanan customer service Blibli yang cepat, ramah dan sabar. Saya tidak kecewa sama sekali.
6.      Packing barangnya untuk elektronik menggunakan kayu, sekecil apapun ukurannya dan ini gratis lagi tidak menambah biaya ongkos kirim.

Kekurangan Blibli
1.      Sistem konfirmasi pembayaran transfer bank yang memakan waktu 1 hari sejak mengirimkan uang kalau order di hari kerja dan 2-3 hari kalau anda membelinya di hari sabtu dan minggu. Ini yang saya alami dan sempat frustasi karena masih pertama kali mengujicoba Blibli. Sedangkan di tetangga kurang lebih beberapa menit sudah dikonfirmasi.
2.      Tidak ada cara konfirmasi pembayaran manual, tampaknya harus komplain ke customer care Blibli untuk hal ini.
3.      Kalau di Lazada setiap ada perubahan status order akan diberitahukan melalui email dan SMS. Sedangkan Blibli hanya pada saat meletakkan pesanan dan konfirmasinya. Jadi kita harus sering – sering mengecek kabar terbarunya.
4.      Sistem pengiriman barang yang tampaknya harus dijemput oleh kurirnya (Pickup), jadi merchant partnernya tidak boleh mengirimkan sendiri. Ini kelemahannya menjadi lebih lama (saya menunggu 2 hari baru statusnya berubah sudah diambil kurir) tapi kelebihannya tampaknya ada standar packingnya. Pembelian hp yang saya sebutkan diatas menggunakan kotak kayu. Imbang lah, agak lama tapi barang aman.

Tiga Tantangan yang Dihadapi  E-Commerce Shopee

1.     Tantangan pertama adalah dalam menjaga konsistensi dan komunikasi yang lancar di media sosial, melalui konten unik yang merefleksikan nilai-nilai dan personality perusahaan serta memastikan jalur komunikasi dua arah dengan pengguna
2.     Tantangan kedua adalah menyelesaikan permasalahan yang muncul dari hasil komunikasi dengan pengguna secara strategis dan cepat. Tim media sosial Shopee juga bertanggung jawab untuk memonitor percakapan serta menanggapi pengguna secara cepat
3.     Tantangan ketiga adalah menciptakan konten yang atraktif untuk menarik pengguna mengunjungi iklan Shopee. Shopee secara konsisten menghadirkan berbagai festival belanja, serta inisiatif terbaru yang dapat memberikan keuntungan lebih bagi pengguna seperti diskon hingga 95 persen, flash sale, dan sebagainya.
Cara Berjualan di Blibli.com
Perlu anda ketahui. Bibli.com agak berbeda dibanding Bikalapak dan Tokopedia. Selain tambahan NPWP, sistem di Blibli juga berbeda. Jika anda berjualan di blibli, anda akan dikenakan deposit sebanyak Rp500.000,00 dan hanya bisa diambil saat anda sudah ttidak berjualan di Blibli. Namun ada banyak kelebihannya juga. Semua transaksi anda bisa dipantau bahkan disediakan pengunduhan file dengan format excel agar anda bisa menghitung alur transaksi yang ada di toko anda. di blibli ada dua macam penjual, yaitu Pribadi dan Kelompok/Perusahaan.
1.        Untuk UKM dan Wiraswasta bisa pakai akun yang Personal terlebih dahulu.
2.      Tampilan awal https://www.blibli.com seperti ini.



3.      Anda bisa klik Jual di blibli.com. lengkapi data:

4.     

Informasi Akun: yang meliputi nama toko, email, nomor telpon untuk ferivikasi kode, pasword, foto KTP, dan foto NPWP klik selanjutnya.


5.      Informasi Toko: kolom alamat pengiriman barang. disini ada penjelasan komisi perjanjian anda dengan blibli.

Informasi Administrasi: isikan nomor rekening untuk mencairkan transaksi.



7.      Selamat, anda sudah terdaftar menjadi seller blibli. Silahkan Login kembali.
atau anda bisa mengakses di https://merchant.blibli.com/ untuk login lain hari. Setelah pendaftaran selesai. Blibli akan memeriksa data anda sebagai seller. selama itu pula anda belum bisa mengunggah produk untuk dijual. Sembari data anda diperiksa, anda bisa mengunjungi pusat informasi untuk mulai mempelajari cara berjualan di blibli.



·         Catatan, setelah akun anda diverifikasi oleh blibli, disarankan untuk degera mengungah produk anda di blibli, karena kalau sampai anda terlawat enggak mengunggah produk melebihi 30 hari setelah proses verifikasi, maka akun anda akan experied, dan solusinya harus membuat akun baru lagi karena sudah tidah bisa digunakan lagi. Dan artinya anda harus memulai proses pendaftaran mulai dari awal lagi. Dengan nama toko yang berbeda dan email yang berbeda pula.




Sumber Pustaka :
file:///C:/Users/asus/Downloads/analisis_pendekatan_studi_teknologi_e-business_studi_kasus_blibli%20(1).pdf
http://mynewe-comerce.blogspot.com/2016/03/kelebihan-dan-kekurangan-blibli.html
https://kaosedhewe.com/wp-content/cache/supercache/kaosedhewe.com/mudahnya-berjualan-di-blibli/index-https.html.gz

Komentar

  1. Saya baru saja mengajukan Pinjaman Mobil dari Tn. Pedro dan perusahaan pendanaan investasinya serta Pinjaman Tanpa Subsidi. Setelah melakukan riset pada beberapa pemberi pinjaman, saya memilih Discover karena mereka tampaknya menawarkan beberapa manfaat terbaik di pasar (pada saat ini) dengan suku bunga 2%. Hubungi Tn. Pedro di pedroloanss@gmail.com melalui whatsapp: +393510140339. untuk mengajukan jenis pinjaman apa pun.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Studi Kasus Manusia dan Cinta Kasih

"Silat Elang Putih"